Kamis, 07 Juni 2012

MEKANISME PEMBANGKITAN ENERGI LISTRIK DENGAN GELOMBANG LAUT

Pada dasarnya air merupakan suatu komponen yang terdapat dalam bumi dan sangat melekat dalam kehidupan manusia, tidak ada satu manusia yang dapat hidup jika tidak memlakukan interaksi.Dalam kehidupan sehari hari air banyak digunakan dalam keperluan rumah tangga seperti memasak, minum, mencuci dan sebagainya. 
Ilmu pengetahuan berkembang seiring dengan perkembangan jaman, kita semua telah mengetahui bahwa negara indonesia merupakan termasuk dengan negara maritim karena negara ini hampir semua daerahnya merupakn laut yang sangat luas, dari letak geografis inilah maka banyak pengembangan yang dilakukan untuk memanfaatkan gelombang air laut sebagai pembangkit listrik sederhana.
Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan energi listrik dengan bantuan tenaga gelombang air laut, salah satu cara yang akan saya jelaskan adalah dengan menggunakan bantuan dari gerbang laut yang terdapat dalam tebing tebing pantai.
adapun contoh dari gerbang laut adalah sebagai berikut


dengan memanfaatkan bantuan dari posisi gerbang laut ini dan dengan bantuan sistem pergerakan dari ombak laut, serta bantuan dari konsep pegas sederhana maka akan diperoleh energi yang dapat digunakan untuk menggerakkan turbin listrik.
adapun konsepnya adalah sebagai berikut 
  • Dengan memanfaatkan gerak orbital dari air laut yang mana dipengaruhi oleh kondisi pergerakan bulan dan matahari dapat diilustrasikan sebagai gambar berikut

  • Kemudian dengan bantuan pembuatan model konsep aerodinamika sederhana dan bantuan konsep fluida dan energi osilator harmonis sederhana dan pegas. maka akan dihasilkan suatu bentuk sebagai berikut

SISTEM PEGAS PADA UMUMNYA

  • Dari kedua gambar diatas dengan memanfaatkan sistem pergerakan pada kemudi yang terdapat pada kapal laut, maka kedua sirip dari proses aerodinamika dapat bergerak sesuai dengan intensitas gelombang air laut yang melewati gerbang dari tebing.
  • Karena adanya pergerakan dari plat yang dipasang maka memungkinkan adanya prisip mekanika sederhana yang terjadi dan dapat memutar atau menggerakkan turbin penggerak pada dinamo sehingga akan mengghasilakan energi kinetik.
Demikianlah konsep sederhan yang dapat digunakan untuk memberikan kontribusi pengembangan pada sistem penghasil energi listrik gelombang mekanik dari air laut.

sumber gambar: sclocus.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar